Tips Dan Cara Memilih Anggur Yang Baik

cara memilih anggur yang baik
Siapa tak kenal anggur? Buah dari tanaman perdu yang digolongkan sebagai anggota kerabat Vitaceae ini memang nkmat. Perpaduan daging buah yang lembut serta rasa manis yang pas membuat anggur banyak diminati pecinta buah. Andakah salah satunya? Tahukah Anda, selain nikmat, buah anggur juga menyimpan beragam kebaikan bagi tubuh kita. Layaknya buah lainnya, anggur memang mengandung banyak senyawa penting. Karena itu wajar jika pakar nutrisi menganjurkan kita untuk memasukkan anggur dalam daftar buah yang dikonsumsi sehari-hari. Nah untuk memaksimalkan manfaat anggur ini, sebagai konsumen kita harus jeli. Penting untuk mengetahui cara memilih anggur yang baik. Sebab jika tidak cermat, alih-alih menyehatkan, anggur dengan kualitas buruk malah merugikan tubuh kita sendiri.


Apa Saja Yang Patut Diperhatikan?

Ada banyak rambu-rambu yang harus Anda perhatikan saat memilih buah anggur, antara lain:
  • Saat membeli anggur, pastikan buah yang Anda pilih memiliki butiran yang padat dan tanpa kerutan sama sekali. Jika berkerut dan benyek, sudah barang tentu anggur tersebut tak layak lagi dikonsumsi.
  • Perhatikan warna buah anggur. Pilih yang masih cerah dan tidak terlihat pucat. Pastikan pula semua warna merata, misalnya hijau ya sebaiknya hijau semua. Atau merah ya sebaiknya merah semua. Warna yang tidak merata merupakan tanda anggur belum matang sempurna.
  • Jangan pernah memilih buah anggur yang telah lepas dari tangkainya. Sebab jika bji anggur sudah lepas dari tangkai artinya ada bagian buah yang koyak atau terluka dan membuat anggur tak lagi segar.
  • Perhatikan bulatan buah anggur, jika Anda mendapati lubang atau cacat, tinggalkan dan pilih anggur lainnya. Dan apabila kulit buah anggur disentuh dan lengket, itu artinya buah tersebut tak bagus lagi dikonsumsi.
  • Cara memilih buah anggur yang baik selanjutnya adalah dengan menimbang-nimbang tingkat ketebalan buah anggur. Apabila tipis maka kadar airnya tentu banyak. Dan apabila kulit anggur tebal maka bisa diprediksi kadar airnya sedikit. Jika ingin anggur yang banyak airnya, pilih yang tipis saja. Demikian sebaliknya.
  • Apabila Anda ingin buah anggur yang paling banyak anti-oksidannya, pilihlah yang warnanya tua pekat. Menurut University of Innsbruck di Australia, kadar oksigen anggur ditentukan dari tingkat kematangannya yang terlihat pada warna buah yang semakin pekat. Misalnya anggur hijau, pilih yang warna buahnya paling hijau. Hal ini berlaku untuk anggur jenis lainnya.

Cara memilih buah anggur yang baik ini mudah sekali bukan? Jadi jangan sampai Anda luput dan sembarangan membeli buah untuk keluarga Anda. Buah yang baik adalah buah dengan kualitas pilihan. Selamat berburu Anggur ya.