Wajib Tahu Tips Menyimpan Anggur

tips menyimpan anggur
Buah anggur sudah lama dikenal sebagai buah dengan ragam khasiat bagi kecantikan pun kesehatan. Ada ratusan (kalau boleh disebut ribuan) artikel yang mengurai kebaikan anggur, si buah dewata ini. Memang tak lagi bisa dibantah, konsumsi anggur secara teratur akan berpengaruh erat pada kondisi seseorang. Nah, apakah Anda penikmat buah anggur? Jika iya, Anda pasti familiar dengan sifat buah anggur yang mudah busuk. Anggur dikenal sebagai buah dengan kandungan air yang tinggi, karena itu wajar jika ia mudah sekali rusak terlebih jika disimpan pada suhu ruang dalam jangka waktu yang lama. Untuk menghindari kerugian, akan lebih baik jika Anda memahami tips menyimpan anggur yang baik agar tahan lebih lama.

Pilih Yang Matang Sempurna 

Sebenarnya tips menyimpan anggur yang baik tak akan berguna jika memang anggur yang Anda bawa pulang ke rumah bukan anggur dengan kualitas pilihan. Karena itu, sebaiknya Anda jeli memilih buah anggur yang hendak dikonsumsi. Setelah sampai di rumah, lakukanlah hal sebagai berikut:
  • Pertama, cuci bersih anggur di air yang mengalir jangan air yang ada pada wadah. Lakukan proses pencucian berulang-ulang sebab buah anggur biasanya disemprot dengan insektisida. Jauh lebih baik lagi jika Anda menggunakan sabun pencuci buah khusus agar anggur yang hendak Anda simpan bersih sempurna.
  • Setelah bersih, keringkan buah anggur dan kemudian masukkan ke dalam plastik kering dan simpan di dalam lemari es. Suhu lemari pendingin akan mengunci kualitas buah anggur dan memperlambat proses pembusukan. Tapi bukan berarti Anda bisa menyimpan dalam jangka waktu bulanan atau tahunan. Maksimal 1 minggu dalam kulkas adalah durasi penyimpanan buah anggur yang paling ideal.
  • Penting untuk Anda ketahui, saat mencuci buah anggur, jangan pernah melepas biji buah dari tangkainya sebab jika And amelakukan hal tersebut sama saja Anda melukai buah anggur. Dan apabila ada kulit anggur yang terbuka, biasanya proses pembusukannya akan jauh lebih cepat. Jadi pastikan ia melekat utuh pada tangkainya.
  • Tips menyimpan anggur selanjutnya yang wajib Anda tahu adalah waktu yang tepat untuk menyimpan anggur. Apabila Anda membeli buah anggur yang belum matang betul, sebaiknya matangkan terlebih dahulu di suhu ruang. Menyimpan buah yang belum matang akan membuat buah-buahan kehilangan rasa aslinya dan teksturnya menjadi sedikit bertepung. Biasanya setelah dipetik buah masih dalam keadaan setengah matang dan saat disimpan ia akan menjadi matang betul. Nah saat Anda menyimpan buah yang belum matang sempurna dalam kulkas, hal tersebut akan menghalangi proses menuju tingkat kematangan yang paling ideal.