Mengurai Manfaat Anggur Untuk Ibu Hamil

Pernah mendengar larangan ibu hamil mengkonsumsi buah anggur? Informasi yang simpang siur mengenai baik buruknya buah anggur terhadap kehamilan membuat beberapa wanita hamil memilih untuk menjauhi buah anggur selama masa kehamilan. Bahkan ada beberapa di antara mereka yang berpendapat bahwa buah anggur setara dengan buah durian. Kurang aman dikonsumsi dan bisa memicu efek negatif tertentu. Padahal belum Anda penelitian yang membuktikan pendapat tersebut. Lembaga Food and Drugs di Amerika Serikat bahkan menyatakan bahwa buah anggur aman dikonsumsi oleh mereka yang hamil. Bahkan penelitian mendalam lembaga lainnya malah menemukan sejumlah fakta positif seputar buah anggur untuk kesehatan calon ibu. Mau tahu apa saja manfaat buah anggur untuk ibu hamil? Simak uraian berikut ini.

Anti-Aterosklerosis

JIka didasarkan pada hasil penelitian yang dimuat di dalam Jurnal Fitoterapia di tahun 1995, buah anggur sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil sebab ia bersifat anti-aterosklerosis yang berarti buah yang satu ini bisa menurunkan tekanan darah dengan memicu sirkulasi di dalam tubuh. Umumnya, tekanan darah merupakan hal yang paling ditakuti wanita saat hamil. Oleh karena itu, konsumsi buah anggur dengan benar akan menghilangkan rasa was-was tersebut. Penelitian ini juga sejalan dengan pendapat ahli medis di Cina yang menyarankan buah anggur bagi mereka yang sedang hamil. Studi lainnya bisa ditemukan di dalam Jurnal of Cardiovascular Pharmacology yang dimuat pada tahun 2005. Di dalam jurnal kesehatan tersebut dinyatakan bahwa ekstrak biji buah anggur memiliki sifat mengencerkan darah. Jadi, jika Anda menderita tekanan darah tinggi, konsumsi anggur!

Selain mengatasi tekanan darah tinggi, manfaat buah anggur bagi ibu hamil juga lebih kompleks lagi sebab ia bisa mengatasi sembelit, mengurangi pembengkakan serta membantu tingkat elastitas kulit saat hamil. Berbagai khasiat ini tentu sayang jika dilewatkan. Meski demikian, tetaplah berkonsultasi dengan dokter kandungan sebab masing-masing individu memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda-beda.

Jangan Dikonsumsi Apabila..

Meski manfaat buah anggur untuk ibu hamil sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian ilmiah, namun Anda yang menderita Hemofilia dilarang keras mengkonsumsi buah ini selama masa kehamilan. Sebab buah anggur kabarnya bisa memicu terjadinya pendarahan saat kehamilan. Kasus yang muncul memang jarang, namun para ahli tetap memperingatkan hal tersebut. Jadi, pada prinsipnya jika Anda sedang dalam masa kehamilan, rajinlah mencari informasi medis seputar tubuh Anda. Apabila ada gelaja atau rekasi yang kurang wajar, segeralah berkonsultasi dan memeriksakan diri Anda. Buah anggur memang baik, namun dalam kondisi tertentu tubuh Anda mungkin membutuhkan jeda untuk menerima bahan-bahan makanan tertentu.