1001 Manfaat Anggur Hitam

Jika boleh memilih, anggur manakah yang menjadi favorit Anda? Anggur hitam, merah, ungu, atau hijau? Ragam warna anggur ini mewakili ragam varietas buah bulat dan menjuntai ini. Masing-masing dari varietas tersebut memiliki kekhasan. Misalnya saja anggur berwarna hijau. Secara fisik ia memiliki buah yang sedikit lebih padat ketimbang anggur merah dan hitam. Namun soal rasa, anggur hitam dan merah memang dikenal lebih manis dan mengandung banyak air. Meski demikian, perbedaannya juga tidak terlalu signifikan. Lantas, bagaimana dengan kandungan senyawa yang ada di dalamnya? Secara ilmiah, tak ditemukan perbedaan senyawa antara jenis anggur yang satu dengan lainnya. Meski demikian, masyarakat terlanjur menganggap beberapa jenis anggur lebih utama. Salah satunya adalah anggur hitam. Warna yang pekat membuat istimewa bagi sebagian orang. Bahkan manfaat anggur hitam ini dianggap jauh lebih beragam ketimbang jenis anggur lainnya. Apa saja?


Populer Sebagai Minuman Kesehatan

Di pasaran, ada beragam produk minuman instan dengan bahan dasar anggur hitam. Minuman tersebut diklaim memiliki khasiat untuk menjaga stamina apabila dikonsumsi secara teratur. Hal ini tak sekedar klaim, sebab banyak konsumen yang telah membuktikannya. Nah tahukah Anda bahwa manfaat anggur hitam tak sekedar menambah stamina? Berikut kami sajikan daftar lengkap khasiat si anggur dengan warna pekat tersebut.
  • Sebuah penelitian mengungkapkan buah anggur dengan warna yang paling pekat memiliki sifat anti-oksidan yang lebih kuat. Oleh karena itu, ia sangat baik dalam menangkal beberapa penyakit seperti kanker payudara.
  • Anggur hitam mengandung zat besi yang melimpah. Oleh sebab itu, jika Anda merasa lemah letih dan lesu, minumlah jus anggur hitam dan tubuh Anda akan segar kembali.
  • Sama seperti jenis anggur lainnya, si pekat yang nikmat ini juga memiliki kemampuan untuk melindungi jantung sebab ia mampu menambah kadar oksida nitrat yang baik mencegah serangan jantung.
  • Anggur hitam sudah lama dikenal baik bagi penderita diabetes sebab ia memang membantu organ pancreas dalam mengurangi kadar gula di dalam darah.
  • Konsumsi anggur merah juga bisa mereduksi penyakit migraine.
  • Sebuah penelitian di Jepang mengungkapkan bahwa anggur hitam memiliki sifat anti-bakteri yang lebih kuat ketimbang jenis anggur lainnya. Karena itu, mengkonsumsi anggur hitam juga akan menambah daya tahan tubuh Anda sehingga lebih kebal terhadap serangan bakteri juga virus.
  • Sama seperti buah lainnya, rutin mengkonsumsi anggur hitam juga akan berdampak baik bagi kesehatan sistem pencernaan Anda.
  • Anggur hitam kaya akan vitamin sehingga sangat baik bagi mereka yang mendambakan kecantikan yang alamiah. Banyak mengkonsumsi buah anggur akan membuat kulit Anda segar selalu.
Masih banyak manfaat anggur hitam lainnya yang bisa Anda dapatkan jika dikonsumsi secara rutin dan teratur. Istimewanya, anggur hitam ini tersedia dalam beragam produk yang mudah untuk Anda dapatkan. Harganya pun cukup murah. Jadi jika Anda kesulitan mendapatkan buah anggurnya, kenapa tidak mengkonsumsi olahannya saja? Selamat menikmati si anggur hitam nan nikmat ya!