1001 Manfaat Anggur Merah

Sejak ratusan tahun yang lalu, budidaya anggur merah sudah cukup populer utamanya di kawasan Timur Tengah dan merambah ke Eropa dan sekitarnya. Kini, anggur merah tetap menjadi salah satu komoditi yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Buah anggur dengan warna cerah ini memang paling cocok untuk diolah menjadi minuman dan juga cuka. Rasa asamnya yang samar-samar di lidah akan meninggalkan rasa segar yang khas. Hal inilah yang membuat anggur merah begitu diminati. Tak hanya nikmat dan segar, sesungguhnya manfaat anggur merah ini juga beragam. Sama seperti buah lainnya, ia menyimpan keajaiban bagi kesehatan serta kecantikan.

Si Merah Untuk Kecantikan Anda

Kecantikan alamiah sedang menjadi trend. Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan menjadi seorang fruitarian alias penggemar buah sejati. Memang kebiasaan mengkonsumsi buah berpengaruh banyak pada tampilan Anda mulai dari kulit hingga rambut. Salah satu buah yang paling baik dikonsumsi adalah anggur merah. Mengapa? Sebab ia diperkaya dengan senyawa yang bersifat anti-oksidan. Ia mampu melawan pengaruh radikal bebas yang jika dibiarkan akan membuat Anda lebih cepat tua. Jadi, sayangi diri Anda dengan rutin mengkonsumsi anggur merah.

Si Nikmat Yang Menyehatkan

Selain bermanfaat bagi kecantikan, anggur merah juga nyatanya baik bagi kesehatan manusia. Khasiatnya secara umum sama saja dengan buah anggur lainnya. Hanya saja, beberapa peneliti berpendapat bahwa sifat anti-bakteri anggur berwarna merah jauh lebih kuat ketimbang jenis anggur lainnya. Selain itu, di dalam anggur merah juga diketemukan sebuah hormon bernama melatonin. Ia merupakan hormon yang sebelumnya dianggap hanya ada di dalam tubuh manusia. Namun kenyataannya ia terdapat pula di dalam anggur merah. Hormon ini sangat baik sebab membantu agar tidur Anda jauh lebih berkualitas.

Penelitian lainnya mengungkapkan fakta bahwa minuman hasil fermentasi dari anggur merah secara ilmiah terbukti mampu memperpanjang usia seseorang. Terlebih jika dikonsumsi secara teratur setiap hari. Sementara itu, kandungan polifenol di dalam anggur merah sangat melimpah. Senyawa yang satu ini diketahui memberi efek yang baik terhadap kesehatan pembuluh darah di organ jantung. Karena itu, pendapat yang menyatakan bahwa salah satu manfaat anggur merah adalah untuk menyehatkan jantung tentu benar adanya.

Masih ada beragam manfaat anggur merah tersebut. Kurang lebih sama saja dengan manfaat buah anggur pada umumnya. Hanya saja daya kerjanya jauh lebih efektif, menurut beberapa ahli. Jadi, sudahkah Anda mengkonsumsi si nikmat anggur hari ini?