Ada Manfaat Di Balik Biji Anggur

manfaat biji anggur
Selama ini, banyak di antara kita yang berpikir bahwa bagian terbaik dari buah adalah daginya. Sementara itu, biji dan kulit buah adalah limbah yang tak layak dikonsumsi dan tidak memiliki manfaat apa-apa. Pemikiran ini jelas salah sebab sudah banyak ahli nutrisi yang membuktikan bahwa justru pada kulit buah dan biji terkandung konsentrasi senyawa yang baik ketimbang pada daging buahnya. Bahkan pada jenis buah tertentu, ada yang kulit buah serta bijinya malah mengandung lebih banyak kebaikan ketimbang daging buahnya. Salah satu contoh buah yang demikian adalah anggur. Tahukah Anda bahwa manfaat biji anggur melampaui manfaat daging buahnya?


Awet Muda Dengan Ekstrak Biji Anggur

Berdasarkan hasil penelitian Food Researh Center di Kanada, diketahui bahwa biji anggur mengandung senyawa anti-oksidan dengan kekuatan luar biasa. Biji anggur ini mampu melindungi 20 kali lebih kuat dari vitamin E dan 50 kali lebih ampuh dari Vitamin C. Dengan demikian, senyawa anti-oksidan yang diperoleh dari biji anggur akan membuat tubuh terlindungi dari pengaruh radikal bebas dan polutan. Radikal bebas ini merupakan faktor yang mempercepat proses penuaan dan mampu memicu penyakit serius.

Nah, bagi Anda yang mencintai kecantikan, mengkonsumsi ekstrak biji anggur akan membantu mempertahankan kekenyalan pada kulit wajah dan tubuh. Manfaat biji anggur ini membuat banyak produsen kosmetika di Eropa menjadikannya bahan utama dalam produk anti-aging.

Anti-Kanker Yang Ampuh

Manfaat biji anggur lainnya diungkap oleh peneliti di Universitas Alabama Amerika Serikat. Berdasarkan hasil riset, diketahui bahwa kandungan di dalam biji anggur bisa menangkal potensi pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia. hal ini sejalan dengan penelitian laboratoriom dimana tikus yang diberi makanan ekstrak biji anggur lebih kenal terhadap pengaruh buruk sinar UV yang merupakan pemicu munculnya zat karsinogenik yang mencetuskan kanker dalam tubuh.

Sementara itu, peneliti bernama Shiuan Chen PhD yang berasal dari Beckman Research Institute of the City of Hope menemukan fakta bahwa jus buah anggur dengan biji mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Mekanisme kerjanya dengan cara menghalangi sintesis hormon estrogen yang memiliki peranan signifikan dalam memicu kanker payudara.

Berdasarkan uraian di atas, tak dapat dibantah lagi, manfaat biji anggur ini memang nyata. Namun penting juga untuk diketahui bahwa konsumsi buah anggur bersama kulit dan bijinya rawan memicu iritasi pada lambung utamanya bagi mereka yang pencernaannya sensitif. Karena itu, dianjurkan agar mengkonsumsi jus anggur dengan bijinya jangan dalam keadaan perut masih kosong. Selain itu, sebaiknya lebih cermat soal berapa jumlah yang dikonsumsi. Lima buah anggur per hari saja sudah cukup.